5untk webMelakukan reorganisir untuk melakukan percepatan-percepatan dalam melakukan kerja. Bagaimana mendinamisasikan organisasi dakwah sehingga bisa melakukan bahkan melampaui capaian-capaian yang ditargetkan. Sebagaimana dalam mandat Ketua Dewan Syuro DPP PKS KH Hilmin Aminuddin. Organisasi dakwah harus dinamis dalam melakukan kerja-kerjanya sebab jika tidak maka organisasi dakwah akan dikalahkan oleh oleh organisasi lainnya.

Pada tanggal 13 Maret 2011, DPD PKS akan mengelar temu kader se-Muba untuk membicarakan perkembangan menuju Pilkada Muba 2011. Road to Pilkada  perlu mendapatkan masukan dan pendapat kader untuk menuju pada keputusan yang tepat dan diterima. Salah satunya adalah dengan melaksanakan temu kader. Setelah mendapatkan masukan dari kader,simpatisan bahkan akar rumput PKS Muba selanjutnya akan dibahas dalam Rapat Kerja Daerah ( Rakerda ). Rakerda akan dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2011. Pada Rakerda itulah nama calon bupati Musi Banyuasin akan muncul.

Rakerda  selain membahasnama yang akan diusung dalam Pilkada Muba tentunya membahas agenda kerja DPD PKS Musi Banyuasin untuk jangka waktu satu tahun  yang merupakan rangkaian  Road To 2014. DPD PKS Muba mempunyai beberapa bidang yakni pertama, kebijakan publik. Kedua, bidang pemuda dan olahraga. Ketiga, bidang kewirahusaan. Keempat, bidang kaderisasi. Kelima, bidang daerah dakwah. Keenam,  bidang pemenangan Pilkada dan Pemilu. Ketujuh, bidang kewanitaan. Pada tanggal 17 Maret 2011 merupakan rangkaian konsolidasikan agenda di tahun 2011.

Mengenai nama yang diusung oleh PKS dalam Pimilihan Kepala Daerah Musi Banyuasin mempunyai mekanisme tersendiri. Bermula pertemuan kader se-Muba pada bulan Desember 2010, kemudian melanjutkan survey internal, melakukan survey kemasyarakat, berkomunikasi dengan beberapa calon yang akan memajukan diri. Dalam setiap tahapannya, Tim Optimalisasi Musyarakah Daerah ( TOMDA ) yang juga diketuai oleh Ketua DPD PKS Muba Dear Fauzul Azim,ST terus melakukan laporan secara intensif kepada DPW PKS Sumsel. Kemudian, DPW berkomunikasi dengan Daerah Dakwah Sumatera.   

Dari berbagai komunikasi internal dapat disebutkan berbagai kriteria yang berpeluang untuk di usung oleh kader,simpatisan dan akar rumput PKS Musi Banyuasin. Pertama, track record calon yang bersih dari KKN. Kedua, mempunyai elektibilas yang tinggi di tenggah –tenggah masyarakat yang berarti pula berpeluang menang. Baik dukungan langsung masyarakat, LSM, dan partai politik. Ketiga, berpengalaman dalam melaksanakan kepemimpinan masyarakat, organisasi pemerintahan sehingga mengetahui betul langkah-langkah perbaikan menuju masyarakat yang adil,mandiri dan sejahtera. Keempat, mempunyai komitmen yang serius untuk memberikan kemajuan kepada masyarakat dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan agama. Komitmen tersebut dimaksudkan untuk menempatkan masyarakat sebagai subjek dan objek pembangunan. Kelima, calon yang diusung tentunya mempunyai pengalaman interaksi yang baik dengan masyarakat serta  dakwah. Sehingga, komunikasi lebih lanjut akan lebih mudah tanpa ada halangan secara psikologis.

Lima tolak ukur dasar yang berkembang di kalangan internal kader tersebut tentunya bentuk kerangka umum. Sebagaimana nasehat KH Hilmin Aminuddin dalam acara Mukernas PKS 2011 di Yogyakarta,” koalisi dan kerja-kerja dilapangan kemasyarakatan bukanlah dibangun atas dasar taktis dan strategis, tetapi yang kita maksudkan adalah memperbesar ruang kontribusi kepada masyarakat. Kerja sama perlu untuk melakukan pelayanan masyarakat.”

Tahun 2011 merupakan tahun konsolidasi bagi PKS. Dalam konteks Muba, triwulan pertama fokus pada penyiapan infrastruktur termasuk terselesaikannya markas dakwah. Triwulan kedua, fokus pada konsolidasi internal pengurus dari tingkat DPD, DPC dan DPRa. Jadi bulan April-Mei-Juni agenda pelantikan pengurus 14  DPC dan 223 desa se-Muba. Hal ini juga sejalan dalam program nasional untuk menyiapkan verifikasi partai yang ditargetkan tanggal 1 Juni 2011. Sejalan dengan itu, dalam rangkaian pelantikan pengurus tersebut melakukan sosialisasi calon yang diusung oleh PKS Musi Banyuasin. Bahkan, ditargetkan telah melakukan distribusi atribut calon yang diusung oleh akar rumput PKS Muba.

Triwulan ketiga, fokus pada pemenangan Pilkada 2011 dengan melakukan mobilisasi secara maksimal di setiap ranting. Bulan Juli-Agustus-september  dimaksimalkan melakukan komunikasi secara intensif dengan masyarakat. Bersama parpol pengusung lainnya, PKS memaksimalkan peran-peran sosial masyarakat untuk memastikan kemenangan calon yang diusung PKS.

Triwulan keempat, fokus pada finishing terhadap kerja dan mobilisasi dalam Pilkada  Oktober 2011. Nopember-desember  adalah recovery terhadap agenda-agenda yang belum terlaksana. Semoga Allah swt memberikan kemudahan dalam melangkahkan dan memperkokohkannya. Semoga Allah swt memberikan kemenangan atas usaha dan perjuangan. Amin ya rabbal alamin.     

 

sumber: Musheni Mahidin Yusuf, Sekretaris DPD PKS MUBA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.